Setelah hampir beberapa update algoritma terbarunya dalam kurun waktu 6 bulan ke belakang, kini Google mulai menghiraukan optimasi SEO yang mungkin dulunya masih sangat ampuh untuk dilakukan. Benarkah teknik SEO perlahan-lahan mulai dihapuskan? Sebelum menjawab hal tersebut, sebaiknya coba kita pahami dengan baik analisa di bawah.

Awalnya, SEO dilakukan hanya untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama tanpa mementingkan kenyamanan ataupun dari sisi pembaca, hingga akhirnya segala macam cara dilakukan untuk bisa mengambil tahta di halaman pertama.

Jika masih berada di tahun 2012 ke bawah, mungkin teknik SEO yang dilakukan masih sangat beragam dan sangat efektif untuk dilakukan. Tapi, bagaimana dengan di tahun 2018 ini? Setelah Google melakukan update besar-besaran pada algoritma intinya di awal Agustus bulann lalu? Menyusul sebulan kemudian bahwa Google mengkonfirmasi telah terjadi small update pada algoritma mereka, tepatnya pada tanggal 27 September 2018 dengan nama “Google Birthday Update“.

google update algoritma lagi, namanya google birthday update algorithm

Banyak yang semakin mengeluhkan bahwa trafik dan peringkat website mereka semakin menurun, sesudah terkena update algoritma secara besar-besaran, kini ditambah dengan update ringan yang terjadi bulan lalu.

Apa yang harus dilakukan agar website bisa pulih dan tidak terkena dampak dari update yang terjadi?

Pahami satu hal, bahwa algoritma yang terjadi di masa mendatang akan selalu berorientasi pada user experience. Kenyamanan pembaca sangat diperhitungkan karena tujuan para webmaster menyediakan informasi adalah untuk umum bukan?

Sehingga, algoritma yang ada mulai sedikit demi sedikit dirubah mengikuti pola/habbit manusia. Dalam hal ini, RankBrain sebagai algoritma yang menggabungkan kecerdasan buatan dapat menilai dan memahami dengan baik suatu situs apakah memang layak ada di halaman satu ataupun justru sebaliknya.

Lalu, apakah benar SEO akan benar-benar tidak bisa dilakukan lagi ke depannya? Untuk beberapa tahun ke depan, teknik SEO masih bisa digunakan. Namun, dengan beberapa catatan dan inovasi yang harus dilakukan agar tidak terdeteksi sebagai cara blackhat.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan terus mengupdate pengetahuan dan isi konten sesuai dengan panduan yang Google berikan, orientasi pada user bukan robot. Hal ini berarti faktor UI/UX, loading speed, bounce rate, tingkat interaksi dalam suatu website, dwelling time, dan berbagai faktor yang ada di Google Analytic haruslah dioptimasi sebaik mungkin.

Ada sedikit analisa, bahwa di masa depan Google akan menciptakan algoritma baru yang berbeda dari sekarang ini, sehingga cara SEO yang terkesan jadul mungkin tidak bisa digunakan semuanya (hanya beberapa yang masih bisa, yang sesuai dengan kaidah dan tidak melanggar aturan).

Nah, itulah jawaban serta prediksi mengenai teknik SEO di masa mendatang. Bagaimana pendapatmu? Yuk, share jawabannya di kolom komentar.