Awal Juli 2018 Google telah merilis algoritma terbaru Speed Update, yakni sebuah indikator yang akan menilai kecepatan loading sebuah website ataupun blog untuk dijadikan salah satu ranking factor dalam pencarian versi mobile. Bisa dibilang algoritma terbaru ini didesain khusus hanya untuk versi mobile saja. Silahkan lihat pernyataan resminya melalui webmasters.googleblog.com.

Selama ini yang kita tahu bahwa optimasi kecepatan loading website hanya terpaku pada versi desktop seperti apa yang telah di sampaikan oleh Google, namun melihat perkembangan trend yang menunjukkan bahwa penggunaan smartphone semakin meningkat, maka Google mulai berinovasi dan mengembangkan algoritma baru untuk menentukan ranking sebuah website yang dilakukan pencarian menggunakan versi smartphone. Jadi, jangan kaget bila adanya perbedaan signifikan dari hasil pencarian versi desktop dan versi mobile yang dilakukan.

Google Speed Update untuk versi pencarian mobile

Berikut ini tujuan dari Google Speed Update:

  • Hanya memengaruhi situs yang memiliki page speed yang lambat
  • Untuk situs yang sudah memiliki loading speed yang baik, tidak akan ada peningkatan peringkat yang diberikan

Ada 1 pengecualian untuk situs dengan page speed lambat. Google masih memberikan kesempatan untuk website dengan page speed dengan kategori rendah untuk bisa mendapatkan peringkat yang baik di pencarian versi mobile apabila memiliki konten berkualitas dan relevan.

Jadi, jika website ataupun blog Anda tidak memenuhi kriteria tersebut, jangan terlalu berharap banyak untuk bisa berada di halaman 1 ya 😀

Silahkan gunakan tools PageSpeed Insights untuk melihat kualitas score page loads Anda. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa mempelajarinya dari sini.

Apakah Algoritma Google Speed Update Ini Memiliki Pengaruh Besar?

Jawabannya tergantung pada faktor struktur teknis website Anda  dan kualitas konten yang ada di dalamnya. Namun, akan lebih bagus apabila Anda mengikuti ketentuan yang diberikan Google dengan berusaha mengoptimalkan hal-hal apa saja yang harus diperbaiki ketika ada update algoritma terbarunya. Memang diperlukan kemampuan coding untuk mengubah script-script tertentu, bahkan melakukan sedikit modifikasi sesuai kebutuhan.

Pemahaman dasar mengenai bahasa pemgrograman sebaiknya Anda kuasai jika ingin melakukan SEO seorang diri. Akan tetapi, bila Anda bekerja secara tim, Anda hanya perlu menginstruksikan kepada programmer untuk melakukan perubahan-perubahan apa saja yang perlu dilakukan sesuai dengan hasil analisa dari PageSpeed Insights ataupun tools lainnya yang digunakan untuk menganalisa tingkat kecepatan sebuah website.

Sebagai seorang pakar SEO, saya selalu memberi pemahaman bahwa SEO adalah proses jangka panjang. Apa yang Anda lakukan saat ini adalah untuk fondasi beberapa tahun ke depan. Siapa tahu Google akan merubah kembali algoritmanya? Oleh karena itu, cobalah untuk terus beradaptasi dengan semua pembaharuan yang ada. Dengan begitu, Anda akan bisa menilai sendiri bagaimana masa depan SEO dan cara mengoptimasinya dengan benar.