Pada Artikel Sebelumnya kita sedang membahas tentan tahap pengimputan data, disini saya akan meneruskan artikel yang sebelumnya bersambung yaitu untuk membuat backlink terlihat natural gunakan nomer 13 – 21 dibawah ini. Yuk di simak kelanjutannya bagi yang belum menyimaknya ulasan sebelumnya bisa menyimak pada artikel

MENGENAL GSA SEARCH ENGINE RANKER (PART I)

Membuat Project di GSA Search Engine Ranker

13. Partial match anchor text. Adalah Variasi anchor text dengan tambahan kata dibagian depan atau belakang. Mirip dengan long tail keyword. Anda juga bisa memilih prosentase besarnya Partial match anchor text yang digunakan. Untuk backlink langsung ke Money Site pilihan ini bisa di centang, untuk membacklink Tier 1 atau web-web yang kurang penting sebaiknya di biarkan uncheck.

14. Secondary anchor text. Berfungsi Untuk anchor text tambahan. Saya biarkan tidak di check.

15. Branding anchor text. Berguna untuk tier membacklink langsung ke Money Site biasanya pilihan ini saya centang, untuk membacklink tier 1 tidak di centang.

16. LSI anchor text. Berguna untuk menaruh keyword-keyword LSI. digunakan hanya jika membacklink situs utama (Money Site). Saya pun jarang menggunakan ini karena LSI, longtail, partial, secondary anchor text langsung saya masukkan bulk di kotak Anchor text.

17. Generic anchor text. Untuk membuat anchor text umum seperti click here, visit here, read more dan lain-lain. Klik bagian “Edit” untuk menghapus/memasukkan generic anchor text baru.

18. Domain as anchor text. Membuat backlink anda (url/domain) tampil tanpa anchor text (naked url).

19. Use citation. Jika anda menggunakan branding anchor text (no. 15) dan domain as anchor text (no. 18) maka anda bisa mencentang pilihan ini untuk memasukkan url atau Branding anchor text tanpa link. Saya biasanya menggunakannya hanya untuk Money site saja dengan prosentase 5%.

20. Anchor text variations. Memvariasi huruf besar dan kecil di anchor text. Opsional (bisa di centang bisa tidak).

21. Try to use domain/generic anchor with main anchor. Mengkombinasikan antara domain/generic anchor dengan anchor text utama. Ini membuat link (terutama di dalam artikel) lebih readable.

Sebagai contoh:
For more information about Tutorial GSA SER (visit here)
Tutorial GSA SER = anchor text utama
visit here = generic anchor
Opsionalnya bisa dicentang bisa juga tidak. Kemudian kita lanjutkan ke pilihan dibawahnya. Tampilan disini bisa berbeda-beda tergantung jenis backlink yang dipilih. Kalian bisa input Website Title, Category, Description 250 dan Description 450.

Untuk lainnya kebanyakan sudah otomatis di create sendiri oleh GSA jadi biarkan saja default. seperti kotak Login, password, About Yourself, Profile Image, blog comment dan forum comment. Namun biasanya untuk isi data disini saya menggunakan software Konten Mechine, lalu pilih tools > auto fill > use kontenmachine jadi kita tak perlu mengisi data field lagi karena sumua sudah otomatis terisi oleh software tersebut. untuk bagaimana menggunakan software mechine tersebut silahkan ikuti terus seoampuh.com.

Website Title. Pilihan ini biasanya muncul jika anda memilih jenis backlink seperti Social Bookmark dan Directory. Masukkan title url anda dikotak ini (gunakan spintax agar bervariasi).

Category. Pilihan kategori untuk url/artikel anda yang akan disubmit. Klik bagian “Edit” kemudian “Add Level” dan pilih beberapa kategori yang sesuai. Login, password, tergantung dengan pilihan kita nantinya.

Namun Jika memilih tipe backlink seperti Document Sharing dan Video, nanti akan ada pilihan untuk memasukkan atau mengunduh filenya. Mungkin menurut saya sudah cukup penjelasan dibagian data ini, sekarang kita akan masuk ke bagian Article Manager.

Article Manager

Dibagian kanan ada tombol Add, Edit, Delete, Export dan Preview.
Untuk menambah artikel silahkan klik tombol ‘Add’. Jika anda mempunyai akun premium di penyedia jasa artikel seperti Article Builder, KontentMachine atau WAC anda bisa mengintegrasikannya disini. Tapi jika belum maka disini saya pandu cara generate artikel dengan gratis (saya sendiri juga belum punya kok :D).

Setelah menekan tombol Add, pilih ‘Search Online’, kemudian di kotak Search term masukkan keyword Anda, kemudian klik OK.

Di kotak ‘Choose Scrapers’ pilih sumber-sumber artikel yang ingin anda scrape dan klik OK. Biasanya saya biarkan default alias memilih semua. Lalu GSA akan melakukan scrape artikel sesuai keyword yang anda masukkan. Makin simple keyword anda biasanya artikel yang digenerate bisa lebih banyak

Setelah proses scrape selesai, ada pilihan untuk memberi spintax pada artikel. Dipilih Yes atau No akan sama saja hasilnya jika Anda belum mempunyai database spinner.  Jika anda sudah mempunyai database spinner maka pilihan tadi bisa dipilih “Yes”.

Untuk membuat database spinner simak ulasan di bawah :

  • Pada dimenu yang sama, pilih tombol ‘Edit‘. Kemudian pilih ‘Spin Config‘. akan ada berbagai macam spinner dengan mayoritas premium. Jika sudah mempunyai akun premium pada spinner yang tersedia disana, kalian bisa memasukkan data yang diperlukan seperti email/user/login/API key agar akun spinner terintegrasi dengan GSA. Tapi jika belum , maka saya akan kasih bonus cara gratisnya secara cuma-cuma loh..

caranya pada pilihan spinner yang tersedia, pilih yang Use Internal dengan mengeklik ‘LibreOffice Thesaurus’, download thesaurusnya (pilih English). Setelah download selesai klik OK maka spinner sudah siap digunakan.

Selesai pada tahap pembuatan artikel, masuk ke settingan dibawah seperti di gambar.

How to Link. Pilih penempatan backlink kalian, di dalam kalimat atas, kalimat bagian bawah atau link ditempatkan secara acak.

Top Anchor – URL. Penempatan Anchor text di ikuti naked url. Opsional, agar backlink terlihat lebih natural. Biasanya ini di centang dengan prosentase 20%.

Insert up to – additional links from project (just a link in article). Memasukkan url yang ada di project kedalam artikel secara acak. Biasanya tidak di centang karena saya memakai mode backlink artikel hanya untuk project yang terdiri dari 1 url saja, dan itu dimasukkan pada settingan (How to Link).

Insert up to – random/authority URLs for random words. Memasukkan authority links secara acak ke dalam artikel. Pilih tombol “Edit” disebelah kanan untuk mengedit daftar authority links. Centang dengan memasukkan 1-2 authority links.

Try to use search engines to find related links. Menggunakan search engine untuk mencari link relevan.

Insert up to – random images related to article. Untuk memasukkan gambar secara acak ke dalam artikel. Pilih Own URLs dan ‘Edit‘ jika ingin memasukkan gambar sendiri. Opsional. Centang dengan memasukkan 0-1 random images.

Insert up to – random videos related to article. Untuk memasukkan video secara acak ke dalam artikel. Pilih Own URLs dan ‘Edit‘ jika ingin memasukkan video anda sendiri. Opsional ini Biasanya saya tidak centang.

Insert up to – Tags (anchor or keyword) within sentences. Memasukkan anchor text/keyword secara acak ke artikel. Opsional ini Biasanya saya tidak centang.

Shorten artikel to. Untuk memendekkan artikel sesuai jumlah kata yang anda masukkan. Opsional ini Biasanya saya tidak centang.

Insert HTML Variations. Untuk memvariasi tampilan video (warna, border dan sebagainya). Opsionalini Biasanya saya tidak centang.

Mic Article to a New one. Untuk menggabungkan antar paragraf artikel. Biarkan default, Disabled.

Do not submit same article more than – per account. Agar artikel tidak disubmit lebih dari sekali dalam satu akun. Saya centang untuk menghindari duplikat konten.

Options

Kemudian masuk ke menu ketiga yaitu Options. Menu ini terdiri dari 4 bagian yaitu How to submit/verify, How to Target URLs, Scheduled Posting dan Filter URLs.

How to submit/verify. Kita masuk ke bagian pertama yaitu How to submit/verify

1. Pause the project after/Stop the project after. Untuk bagian ini memilih yang Stop the project after (jumlah baclink yg di mau) submission. Pilihan per URL di centang jika project yang dibuat lebih dari 1 backlink. Penggunaan Pause the project after dan verifications adalah project yang sering overlap.

Misal kita membuat project dengan batasan 150 verification backlink. Backlink yang kita tanam di web yang susah approvenya. Setelah 2 jam, jumlah submitted link kita mencapai 500 misalnya, tapi yang verified cuma 95.

GSA akan tetap terus berjalan sampai jumlah verified mencapai 150 berpotensi menjadi verified. Beda halnya dengan submission, jika kita setting di 90, maka setelah 90 submission dia akan berhenti.

Pastinya backlink yang verified tidak akan sampai 90, tapi dengan cara ini anda tidak akan kelebihan backlink. Jika target anda 100 backlink per hari misalnya, anda bisa memilih stop the project after 100 submission atau 80 submission, dengan pertimbangan prosentase keberhasilan 50% tersebut.

2. Ask all services/user to fill captchas. Pilihan untuk mengisi captcha. Anda juga bisa merubahnya ke Ask 1st service/user to fill captchas, Ask 2st service/user to fill captchas, Ask all service to fill captchas, dsb (silahkan dieksplore sendiri dengan menekan tulisan yang berwarna biru tersebut). Biasanya saya pilih Ask all services/user to fill captchas.

2a. If a form field can’t be filled. Sepengetahuan saya, ini adalah form yang tidak bisa di isi text, seperti menu dropdown (untuk kategori dsb). Biasanya saya pilih “Choose Random”.

2b. Custom Retry – times. Untuk mengulang captcha yang salah. Biasanya saya biarkan unchek karena sudah ada di Options Global.

2c. Skip hard to solve captchas. Untuk skip/melewati captcha yang sangat susah ditembus. Biarkan uncheck.

Perlu diingat, pengaturan di bagian no. 2 ini akan meng-overwrite pengaturan captcha di Options Global (akan dibahas di bagian selanjutnya) untuk project yang bersangkutan.

3. Enable Custom Mode. Pengaturan custom untuk menampilkan target website dan mengedit konten sebelum di submit. Saya biarkan uncheck.

4. Verified Links must have exact URL. Links yang dimasukkan ke list verified harus mempunyai url yang tepat. Biasanya saya centang.

4a. When to verify. Untuk mengatur kapan GSA mengecek link-link yang sudah disubmit apakah sudah tampil (verified) atau belum. Pilih otomatis (Automatically).

4b. Automatically export verified URLs. Pilihan untuk mengeksport Url yang sudah verified secara otomatis ke folder tertentu. Biarkan uncheck.

4c. Don’t remove URLs (check hint). Tetap menyimpan url-url yang belum verified meskipun kemungkinan besar url-url tersebut tidak akan pernah berhasil verified. Biarkan uncheck.

5. Re-verify existing backlinks every. Interval untuk mengecek kembali links yang belum verified. Karena pilihan when to verify sudah saya pilih otomatis maka pilihan ini saya biarkan uncheck.

6. Send verified Link to Indexer Services. Mengirim link yang sudah verified ke Software indexer/Indexer service (pengaturan indexernya ada di Options global). Karena saya Memiliki kedua-duanya maka untuk pilihan ini saya centang semua.
GSA SEO Indexer: Software indexer yang terintegrasi dengan GSA SER
Other Indexer(s): Indexing service seperti Lindexed, InstantLinkIndexer, dsb.

7. User Character spinning when possible. Menggunakan karakter huruf lain yang mirip kedalam artikel/komen agar lebih unik bagi search engine. Biarkan uncheck.

8. Randomly use typos/spell errors in descriptions (fight duplicate content). Menggunakan typo (penulisan yang salah) secara acak agar konten/comment lebih unik dan tidak duplicate. Biarkan uncheck.

9. Try to always place an URL with an anchor text in descriptions/comments. Selalu mencoba untuk menempatkan backlink ke dalam deksripsi/komen. Biasanya saya centang agar prosentase keberhasilan backlink yang masuk lebih besar.

10. Continuously try to post to a site even it failed before. Tetap submit ke web yang sudah pernah gagal sebelumnya. Pilihan ini bisa cukup berguna karena bisa saja web yang sebelumnya gagal sedang down atau tidak bisa diakses. Untuk pilihan ini biarkan uncheck.

11. Try to locate new URL on “no engine match” (only useful for Comment Engines). Mencoba mencari url baru jika tidak ada backlink yang sesuai. Biarkan uncheck

12. For TAGs use (*)Anchor texts (*)Keywords. Pilihan tags didalam konten. Biasanya saya pilih yang anchor text.

13. Folder with data files to use. Pengaturan advance untuk membuat konten khusus bagi web-web tertentu. Biarkan uncheck.

 

untuk kelanjutannya kalian bisa ikuti terus artikel ini di part III..