PART I
Mengenal GSA Search Engine Ranker
“Software Powerful Primadona Para SEO”

Mengenal GSA Search Engine Ranker "Software Powerful Primadona Para SEO"

GSA SER atau lebih lengkapnya di sebut GSA Search Engine Ranker merupakan software otomatis yang di khususkan untuk mencari backlink dari berbagai platform. Mulai dari article directory, blog comment, video, bookmark, sosial network, forum, guest post, pingback, trackback, web 2.0 hingga Wiki semua di sediakan oleh software yang satu ini.

GSA SER memiliki Interface yang terkesan sederhana mampu menipu banyak pengguna baru yang baru mencoba menggunakannya. berbeda pada tampilan Setting di dalamnya tidaklah sesederhana tampilannya karena pengaturan pada software menjadi primadona pemain SEO dunia ini sangatlah kompleks. Satu pengaturan kecil saja bisa berpengaruh terhadap pengaturan lainnya. Banyangkan saja jika salah sedikit saja membuat pengaturan bisa berakibat website yang kita jadikan target backlink dari software ini bisa terkena pinalti oleh google.

Masih belum banyak panduan GSA SER dalam bahasa Indonesia yang beredar baik itu dalam bentuk text ataupun video. sampai tulisan ini saya buat, sekalinya pun ada itu hanya berisi panduan sebagian kecilnya saja.
Sebab itulah saya membuat panduan GSA SER ini agar memudahkan para pemula yang belum memahami atau kesulitan dalam menjalankan software GSA ini.

Meski saya mengambil referensi dari situs lain, tutorial GSA SER yang saya tulis disini sudah saya praktekkan langsung sendiri, sehingga saya benar-benar memahami apa yang saya tulis termasuk fungsi dan bagian-bagian yang ada pada software GSA SER.

Banyak fitur yang saya temukan setelah beberapa tahun mengoprek software ini. saya sudah menggunaka software ini kurang lebih 5 tahun lamanya, dan sudah banyak project yang berhasil menggunakan GSA SER ini, dan ada juga yang GAGAL bahkan hingga pinalti oleh google. Jika ada materi yang kurang dipahami silahkan tanyakan ke saya melalui halaman facebook https://www.facebook.com/seoampuh/ kita bisa berdiskusi langsung disana, dan jika menurut kalian artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya.

Tutorial Lengkap GSA SER mulai dari basic sampai advance. Untuk yang ingin request tutorialnya dalam bentuk video mohon maaf karena saya belum bisa membuatnya dikarenakan kesibukan saya sebagai SEO Specialist di salah satu Perusahaan Agency Ternama di Jakarta. hehe

Untuk kalian yang belum memiliki software GSA SER, kalian bisa mendownload versi trialnya disini 
Pastinya tidak lengkap kalau hanya membaca tutorial ini tanpa mempraktekannya langsung.

GSA Search Engine Ranker Interface

Sebelumnya saya akan memulai dengan mengenalkan bagian interface terlebih dahulu agar kalian memahami secara keseluruhan. Lihat pada gambar dibawah yang sudah saya tandai dengan angka 1 – 4 berikut penjelasannya.

GSA Search Engine Ranker Interface

  • Nomer 1 : Terdiri dari daftar kolom project, status (active/inactive/stopped), priority (high, normal, low, lowest), Submitted (jumlah link yang berhasil tersubmit) dan Verified (jumlah backlink yang berhasil ter-approved). Dibagian bawahnya ada tiga kolom lagi masing-masing terdiri dari:
    P = Jumlah project
    S = Jumlah total link yang tersubmit
    V = Jumlah total link yang verified

 

  • Nomer 2 : Terdiri dari Tombol New (untuk membuat project baru), Edit (untuk mengedit settingan sebuah project), Delete (untuk menghapus project), Options (untuk pengaturan project secara global meliputi proxy, captcha, dll), Start&Stop (untuk memulai/menghentikan project) dan Help (bantuan).

 

  • Nomer 3 : Daftar url yang berhasil verified (kapasitas maksimal 1000 url) dengan tambahan jenis backlink dan PR (jika PR dicentang) serta bahasa yang digunakan. Dibawahnya ada 2 kolom untuk presentasi % dofollow dan nofollow.

 

  • Nomer 4 : Daftar Log. Menampilkan semua aktivitas GSA. Dibawahnya ada beberapa kolom seperti:
    T = Jumlah thread 
    S = Jumlah total link yang tersubmit dalam satu hari
    V = Jumlah total link yang verified dalam satu hari
    P = Jumlah proxy yang dipakai
    LpM = Jumlah link yang tersubmit dalam 1 menit (ini yang biasa dipakai sebagai patokan tinggi rendahnya performa GSA). Anda bisa mengganti ke VpM untuk menampilkan jumlah link yang verified dalam 1 menit. Caranya klik kanan bagian kolom tersebut dan pilih VpM
    C = Menampilkan statistik captcha
    Mem = Statistik Memory komputer (RAM)
    CPU = presentasi penggunaan CPU

 

Membuat Project di GSA Search Engine Ranker

Untuk membuat project baru klik “New” seperti interface yang sudah saya jelaskan di atas, nanti akan masuk ke halaman settingan project.

Membuat Project di GSA Search Engine Ranker

Perlu di perhatikan !! Jika ingin membangun backlink untuk Money Site, saran saya memprioritaskan jenis backlink yang contextual links serta outbound links nya rendah. namun jika membangun backlink untuk Tier 1/Tier2, Churn & Burn sites, Youtube video atau situs-situs yang kurang penting, saran saya memilih jenis backlink yang mudah di approve serta cepat terindeks.

Disebelah kiri yang tertulis Where to Submit ditiap jenis backlink ada tanda + yang jika anda klik akan menampilkan macam-macam platform. Disana kita dapat memilih untuk submit backlink di platform tertentu saja atau jika Anda ingin submit di semua platform maka anda bisa klik kanan pada platform tersebut kemudian pilih “Check All”.

Where to Submit

Dengan klik kanan kita bisa memilih untuk tidak mengikut sertakan web yang linknya Nofollow, tidak bisa memasukkan anchor text, linknya bukan kontekstual, membutuhkan email verifikasi (silahkan dieksplorasi sendiri untuk bagian ini).

INPUT DATA

Masuk pada bagian data yang ada sebelah kanan where to submit, seperti gambar di bawah :

INPUT DATA GSA SER

  1. URL : tempat menaruh url yang akan diberi backlink. paste url jika hanya 1 url. Jika url lebih dari 1 satu, maka copy seluruh url, tekan tombol “Edit” > Import > from clipboard.
  2. Use a random URL from above on every submission (else in sequence). Jika url lebih dari 1 maka kita bisa mencentangnya agar url yang disubmit di random secara acak, namun jika tidak di centang maka url yang disubmit diurutkan dari atas kebawah. Jika project hanya 1 url opsi ini tidak perlu dicentang.
  3. Use verified URLs of another project (Multi tier-linkwheel). Berfungsi untuk membuat tier backlink. Biasany a digunakan untuk yang sudah mempunyai beberapa project dan ingin memperkuat backlink di project tersebut dengan low tier dibawahnya. Jika anda hanya ingin submit backlink biasa, biarkan ini tidak tercentang.
  4. Use URL variations. Berfungsi untuk memvariasikan huruf besar dan kecil di url anda (opsional, agar backlink terlihat natural). Biasanya saya centang diangka 20 -25%.
  5. Use the root/main Url. Berfungsi untuk memperkuat root domain (homepage). Jangan dicentang jika backlink tertuju pada parasite pages (youtube, forum, rebelmouse, dll) atau web lain yang bukan milik kita. Biasanya pilihan ini saya biarkan default (uncheck).sebagai cacatan dari saya, tentang 2 metode backlink dalam GSA, pertama : scraping dan yang kedua ; site list. Bila dari scraping membutuhkan settingan dari no. 6 kebawah, dan jika menggunakan site list kelima settingan dari no. 6 kebawah tidak akan dipakai.
  6. Keywords. Tempat meletakkan keyword-keyword yang akan digunakan untuk scraping dari search engine. biasanya saya menggunakam keyword turunan. Inport bulk keyword, tekan tombol “Tool” kemudian pilih “import” lalu pilih dari file atau clipboard.
  7. Collect keywords from target sites. Berfungsi untuk mengambil keyword dari situs-situs yang menjadi sasaran backlink. Jika mencentang ini makan proses submit backlink jadi lebih lama.
  8. Use collected Keywords to find new target sites. jika mencentang makan GSA SER akan mencari webbaru yang dapat di suntik backlink berdasarkan keyword yang digunakan. namun kita perlu juga mencentang no 7 agar Bisa.
  9. Put keyword in quotes when used in search queries. Memberikan tanda “” (quote) pada waktu searching di search engine. Positifnya, scraping lebih tertarget (relevan), akan tetapi hasil scraping yang dihasilkan lebih sedikit. saya jarang gunakan
  10. Try searching with similar looking keywords. Menggunakan tanda ~ dipencarian agar menemukan keyword yang mirip. biasanya saya tidak gunakan.
  11. Anchor Text (based on Main Keyword). Untuk menaruh anchor text. bulk keyword tekan tombol “Import” lalu pilih from file atau clipboard.
  12. Use keywords as anchor text. Jika ingin keywords yang anda gunakan untuk scraping pada no. 6 di set sebagai anchor text maka centang pilihan ini. Tapi sebelumnya hapus dulu anchor text. jika tidak anchor text meng-overwrite pilihan ini.

Membuat backlink terlihat natural gunakan nomer 13 -21 dibawah ini. Untuk mengetahui kelanjutannya dan penjelasan ada di (PART II) Mengenal GSA Search Engine RankerSoftware Powerful Primadona Para SEO” yang akan datang. ikuti terus info update dan tips terbaru dari seoampuh.com lainya, dengan cara bookmark websitenya ya..