Seberapa penting sosial media terhadap seo

Social singal merupakan salah satu strategi off page yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan performa situs anda dimesin peramba.

Dipertengahan tahun 2015 banyak praktisi seo baik dalam maupun luar negeri mengabaikan atau tidak begitu memperhitungkan social singal sebagai metrik atau tolak ukur mesin peramba untuk ditampilkan dihalaman utama. Beda halnya di tahun 2018, google sebagai mesin perambah terbesar di abad ini, sosial media sebagai salah satu faktor penting dalam pemiringkat di halaman pertama.

Bagaimana social media meningkatkan performa situs anda

Mungkin ada yang mempertanyakan, ketika link yang ditautkan di sosial media viral dan di share hingga ribuan kali, apakah menjadi backlink yang kredibel dan dapat meningkatkan performa situs di search engine.

Terlepas apakah link yang dibagikan di sosmed menjadi backlink kredibel atau tidak, akan tetapi link yang ditautakan ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Linkedin, G+, YouTube dll dapat membantu mesin peramba memahami situs yang kredibel dan diberi peringkat baik dalam kata kunci tertentu.

kemintraan antara google dengan twitter google’s partnership with twitter  yang menambahkan tweet ke dalam hasil pencariannya, adalah salah satu bukti dan semakin pentingnya sosial media dalam pemeringkat situs di mesin pencari google. Artinya social singal sangat relevan dan baik dalam meningkatkan performa situs

Harap diketahui, google maupun bing mempertimbangkan seberapa sering tautan di tweet – retweet dan seberapa banyak pengguna lain yang membagikan tweet anda.

Intinya tidak semua konten/tautan yang dibagikan disocial media secara otomatis akan mendapatkan peringkat yang baik di search google, akan tetapi hanya sebatas tuutan/konten yang sering dibagikan dan di retweet.

Sederhananya seperti ini, semakin sering diperbincangkan baik disocial media ataupun forum, google menganggap hal tersebut penting dan layak ditampilkan di halaman pertama ketika di ketik kata kunci yang relevan.

Contoh kasus:

Katakan saya mencari informasi tentang kesehatan dengan keyword :”tips menjaga kesehatan mata“.

tips seo dari sosial media

Awalnya saya berpikiran situs yang muncul paling atas itu adalah situs yang benar benar memberikan informasi khusus tentang kesehatan seperti health.com, klikdokter.com, alodokter.com. Alasannya karena web – web tersebut memang menghususkan memberikan informasi tentang kesehatan.

Di posisi pertama di tempati oleh situs web alodokter.com dan itu wajar karena  web tersebut sangat populer pada nice kesehatan, akan tetapi diatas alodokter ada merdeka.com yang menampilkan snippet. Snippet ini dapat dikatakan sebagai hasil pencarian yang terpopuler.

Pada kata kunci yang saya ketik diatas, dapat dikatakan persaingan menegah sampai tinggi terdapat 15.600.000 query yang mengandung kata kunci  “tips menjaga kesehatan mata”. Sebenarnya merdeka.com berada diurutan 2 dari sepuluh web yang ditampilkan google di halaman pertama. Meski berada pada urutan ke 2, tetapi dengan snippet yang ditampilkan google tersebut otomatis visitor akan tertuju snippet tersebut.

Saya pun penasaran dengan konten yang ditampilkan merdeka.com ternyata tidak berbeda jauh apa yang diulas web web kesehatan lainnya bahkan kontennya yang ditulispun tidak lebih dari 300 kata. Tetapi pada bagian atas ada tombol social media disertai dengan analityc dengan jumlah share sebanyak 175 share.

social media share

Mungkin anda berpendapat karena situs merdeka.com merupakan situs media mainstream secara otomatis google memberikan peringkat baik di search engine. Harap di ingat situs media mainstream cukup banyak, merdeka.com hanya berada diperingkat 18 top indonesia di bawah satu peringkat indtimes, versi alexa.com.

Dengan jumlah share sebanyak 175 share, google  memberikan peringkat ke dua dan snippet diatas halaman pertama yang ditempati alodokter.

Peringkat profil social media di mesin pencari

Sekilas mungkin anda menganggap social share tidak mempengaruhi posisi web anda di mesin telusur. Tetapi menurut saya itu cukup mempengaruhi untuk meningkatkan performa website. Bahkan tidak jarang ketika mengetik kata kunci yang sedang di cari yang muncul adalah profil media sosial seperti facebook, twitter, instagram maupun sosial media lainnya.  Hal ini dapat meningkatkan performa website anda di mesin telusur khususnya google yang telah menjalin kemitraan dengan beberapa media social.

Bagaimana mendapatkan social singal

Sebenarnya banyak cara agar website anda di share atau retweet ratusan kali, dengan catatan anda harus terhubung dengan beberapa sosial media.

Pasang tombol sosial share pada website.

ketika seseorang mengunjungi konten kamu, dan menemukan informasi yang di inginkan kemungkinan besar visitor akan membagikan artikel anda ke time line-nya.

Dapatkan pengikut atau follower yang banyak

Sadar atau tidak jumlah follow sangat penting dan berpengaruh ketika kita berinteraksi di sosial media. Untuk mendapatkan follower ribuan atau ratus ribuan tidak muda, anda harus menfolow banyak orang berharap mereka juga memfollbeck. ingat memfollback secara membabi buta dapat membuat akun anda dianggap spam dan ditangguhkan oleh pengelola sosial media.

Bergabung pada komunitas blogger

Dengan bergabung pada komunitas sesama blogger, dan sering memberikan informasi yang bermanfaat kumungkinan besar konten anda akan di share sesama komunitas lainnya.

Sama dengan tips diatas untuk mendapatkan follower atau pengikut yang banyak anda perlu memfollow banyak orang, begitu juga sebaiknya jangan pelit untuk menshare status sesama komunitas.

Sekian tips seo tentang pengaruh sosial media terhadap soe