Mungkin Anda akan bertanya Apa Off Page SEO itu ? Pentingkah ? apa keuntungannya ?

Di artikel sebelumnya seoampuh.com sudah membahas postingan  apa itu Search Engine Optimization dan pemahaman akan on page. bagi yang belum membaca, Anda harus membaca postingan tersebut agar artikel ini terasa lebih lengkap. Karena pada dasarnya, off page tidaklah berbeda jauh dengan onpage seo yang telah di bahas sebelumnya. Hanya saja Offpage maknanya jauh lebih luas lagi.

Off page seoampuh

Penjelasan Off Page SEO

Off Page adalah optimasi website yang dilakukan di luar situs. Tindakan di luar website yang dilakukan dalam rangka meningkatkan brand awareness dan promosi website yang dituju. Off Page SEO ini bukan kegiatan link building karena tujuannya adalah untuk peningkatan jumlah traffic.

Lalu mengapa Off Page ini penting? Apa keuntungan dari Off Page SEO? SEO Off Page penting karena dapat memberikan peringkat yang lebih baik bagi website yang anda miliki. Dengan kata lain, SEO Off Page ini penting bagi eksistensi website anda. Dan keuntungan yang diberikannya cukup banyak.

Berikut beberapa Keuntungan dari off page :

  1. Off Page SEO dapat meningkatkan jumlah traffic pengunjung website. Jika website anda memiliki banyak kunjungan dari banyak pembaca, pasti anda akan mendapat keuntungan. Website yang berisikan iklan akan lebih sering dipromosikan. Dengan begitu produk yang anda jual akan lebih laku dan website akan mendapat predikat positif di masyarakat luas.
  2. Pagerank akan meningkat. Secara singkat, pagerank merupakan faktor yang dibutuhkan Google dalam memberi peringkat di suatu website. Peringkat website yang tinggi akan semakin mudah dilirik oleh Google sehingga lebih mudah tampil di mesin pencari Google.
  3. Brand awareness terhadap produk semakin meningkat. Memiliki pagerank yang baik akan membuat website muncul di peringkat pertama search engine Google. Seiring dengan membaiknya pagerank, maka website akan sering dikunjungi pembaca. Semakin banyaknya pembaca akan membawa masyarakat luas mengetahui tentang brand yang sedang dibicarakan di website. Beberapa pembaca yang merasa jika website memberi manfaat akan men-share nya ke media sosial lain dan menjadi pesan berantai, hingga akhirnya website menjadi terkenal dengan sendirinya.

Faktor Off Page SEO Terhadap Website

Off Page dan OnPage SEOampuh

Berdasarkan faktor keberhasilan off page sangatlah banyak, sama seperti onpage seo. Disini seoampuh akan membahas pentingnya optimasi off page beserta faktornya.

# Backlink

Backlink merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam optimasi seo yang di menentukan keberhasilan sebuah website. Membangun backlink berkualitas tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. ada beberapa tips dan cara yang harus anda ketahui. simaklah penjelasan di bawah ini.

Bukan Seberapa Banyak, melainkan seberapa berkualitas backlink yang di bangun!!

Dari kutipan di atas, sudah jelas. bukan berapa banyak, ribuan, puluhan ribu, atau jutaan backlink yang anda tanam demi tujuan meningkatkan posisi website atau keyword yang dikejar. Melainkan seberapa berkualitas backlink yang anda bangun. seoampuh sendiri sudah membuktikan hal ini.  Jadi, silahkan bangun backlink yang berkualitas dan dari sumber-sumber backlink yang berkualitas.

# Social Media

Social media juga memegang peranan penting dalam optimasi seo. Google sendiri sudah menekankan akan hal itu. mungkin dari kalangan para praktisi seo, hal ini sudah tidak asing. namun bagi pemula, social media merupakan salah satu kunci keberhasilan seo anda.

Ada beberapa social media raksasa yang bisa digunakan untuk optimasi seo off page. yaitu :

 

  • Facebook
  • Google Plus
  • Twitter
  • Pinterest
  • Dan lain-lain

 

Proses tercepat anda bisa menggunakan fungsi premium ads dari setiap social media. seperti facebook ads, google ads contohnya.

# Ads Campaign & PPC

Sudah banyak sekali brand besar memilih alternatif ini untuk mengoptimasi seo off page mereka. Karena proses SEO yang memakan waktu “cukup lama”, maka pilihan alternatif adalah ppc atau ads. Di tahap no 2 di atas sudah saya jelaskan,  anda bisa menggunakan Facebook ads, google ads (adwords) untuk memasang iklan. Dalam proses optimasi seo, memang hal seperti ini cukup membantu, dikarenakan uniq trafik dari hasil pemasangan ads.

Sebenarnya, masih banyak lagi faktor dari off page seo. Akan tetapi dari 3 faktor ini merupakan induk dari semuanya. Backlink bisa bersumber dari mana saja. artikel posting, blog comment, pres relaese, forum profile, dan banyak lagi.

3 Cara Menjalankan Off Page SEO

3 cara menjalankan off page SEO

Berikut beberapa tips off page SEO :

  1. Artikel Marketing
    Quality content is king (Konten berkualitas adalah raja). Mungkin setiap orang memerlukan informasi yang segar serta berkualitas, hal itu kita jadikan sebuah backlink untuk narik user agar berdatangan ke situs kita. Menjadi copywriter ataupun penulis sangat membantu sekali dalam upaya ini. Gunakan kotak sumber daya, kotak yang hanya meliputi website berisi informasi relevan dengan artikel yang dikirimkan ke direktori artikel.
  2. Partisipasi di Forum
    Cari info forum-forum yang relevan dengan isi website Anda lalu berbagilah informasi yang akurat yang sangat diperlukan oleh anggota forum. Signature merupakan ciri khas atau pesan yang di ikut sertakan pada bagian akhir di setiap postingan. Itu akan bermanfaat bagi kampanye SEO off-page Anda. Buatlah sesederhana mungkin dan pastikan pesan tersebut berisikan sesuatu tentang website Anda, tautan yang berisi telusuri frase atau kata kunci terbaik dan yang membuat tautan tersebut mengajak orang untuk mengeklik dan menuju ke halaman website Anda yang paling relevan terkait dengan kata kunci yang Anda pilih. Pelajarilah bagaimana melakukan hyperlink untuk memudahkan orang mengunjungi situs Anda.
  3. Menulis Blog
    Blog atau ‘weblog’ saat ini merupakan senjata paling populer bagi sebagian pakar SEO. Selain mudah untuk diperbaharui, blog tidak membutuhkan gaya tulisan yang terlalu formal, dan itu justru disukai oleh para pembaca. Dialog informal yang dapat dilakukan melalui komentar-komentar yang ditinggalkan pembaca dan jawaban penulis blog di komentar-komentar tersebut akan membuat blog tetap segar terhadap mesin pencari. Menjaga blog tetap relevan terhadap konten website akan membuat mesin pencari terhubung dengan situs Anda. Jangan lupa untuk memasukkan tautan website utama Anda di blog.  Setidaknya tiga tautan per postingan ke berbagai halaman internal website Anda.

NOTE: Saat mempublikasikan konten, selalu tautkan kembali ke halaman internal website Anda dan tidak hanya ke halaman utamanya. Rahasia sukses menjalankan metode SEO off-page ini adalah konsisten. Masukkan artikel berkualitas ke website setidaknya dua atau tiga kali seminggu dan tulis konten secara teratur itu adalah cara jitu membuat website terlihat menonjol.