Sekitar tahun 2005 yang lalu, google mengenalkan atribut rel=”nofollow” untuk mengenali link spame, khususnya spame komentar dan tautan berbayar (link sponsor). Dengan menggunakan atribut tersebut, kita mengindinkasikan bahwa link yang ditaut tersebut tidak perlu diikuti atau tidak direkomendasikan.

 Bila 10 tahun yang silam google menggunakan rel”nofollow” untuk menangkal link spame seperti content berbayar, guest post, forum, social bookmark dan lainnya, kini google memperkenalkan dua atribut terbaru yakni atribut sponsored dan ugc (user generate content).

Penggunaan  Attribute UGC dan Sponsored

Untuk saat ini penggunaan atribut terbaru dari google tersebut masih dilakukan secara manual. Artinya bila anda ingin membuat tautan rel=”nofollow” untuk CMS WordPress dan Blogger cukup dengan memberi ceklis pada kotak nofollow, beda halnya dengan atribut UGC dan sponsored masih manual. Untuk lebih jelasnya seperti berikut:

rel=”sponsored” yakni atribut yang digunakan untuk tautan yang bersponsor, iklan atau jenis lainnya memberikan imbalan kepada anda karena telah menautkan link tersebut ke blog atau website anda.

rel=”UGC” atau User Generated Content atribut yang berfungsi untuk tautan yang dibuat pengguna, misal tautan komentar, sosial bookmark atau ngepost di forum.

rel=”nofollow” = atribut ini difungsikan selain dari dua fungsi atribute diatas, misalnya anda menautkan link, akan tetapi anda tidak ingin merekomendasikan link tersebut untuk di teruskan atau diikuti.

Perbedaan rel sponsored, ugc dan nofollow

Selain dari segi penggunaan seperti dijelaskan diatas, Perbedaan rel nofollow dari dua atribut baru yang di keluarkan google tersebut terletak pada singal ranking di search engine google. 

Bila selama ini penggunaan atribut nofollow tidak dianggap atau tidak diperhitungkan sebagai singal di search engine google, beda halnya dengan rel sponsored dan UGC.  Melalui kedua atribut terbaru tersebut dapat membantu google mengenali link untuk dipertimbangkan atau sebaliknya di abaikan seperti halnya rel nofollow.

Seperti biasanya, setiap kali google melakukan update besar, mereka hanya menginformasikan sedikit saja, artinya google tidak memberikan informasi tentang perbedaan yang lebih spesifik  di search engine dari ketiga atribut diatas. 

Apakah harus mengubah rel nofollow terdahulu

Tidak perlu, anda tidak harus mengubah attribute tautan terdahulu. Bila dulunya menggunakann rel nofollow untuk iklan anda tidak perlu mengubahnya menjadi rel sponsored.

Akan tetapi, untuk kedepan sebaiknya anda menggunakan ketiga rel sesuai dengan peruntukannya sebagaimana dijelaskan diatas.

Bolehkan penggunaan dua atribut sekaligus

Menurut blog resmi google anda dapat membuat dua atribut sekaligus, misalnya, rel=”sponsored ugc”. Atribut tersebut mengindikasikan tautan tersebut berasal dari UGC dan bersponsor. Anda juga dapat menggunakan model atribut lainnya rel=”nofollow ugc”.

Bagaimana kalau salah dalam menggunakan atribut

Tidak ada yang salah penggunaan atribut ketiga diatas, kecuali link yang anda tuatkan merupakan link berbayar (sponsor). Jadi anda tidak perlu khawatir jika penggunaan atribut salah akan berdampak di search engine google. 

Seandainya anda google mengenali tautan yang anda sematkan merupakan link berbayar dan tidak membuat atribut rel”sponsored” google tidak menganggap tautan tersebut sebagai link credit. 

Perlu diketahui, meski google mengatakan tidak ada atribut yang salah, akan tetapi google lebih menyukai atribut sponsor daripada nofollow ketika tautan yang kamu sematkan berbayar.

Bila anda memblokir beberapa halaman atau seluruhnya dari robot google, anda dapat mengabaikan semua atribut ini.

Mengapa harus menggunakan atribut baru ini

Dengan menerapkan atribut secara benar, akan membantu google mengenali konten anda sendiri, misalnya konten disponsori, atau tautan yang anda sematkan akan dipertimbangkan atau sebaliknya diabaikan. 

Kapan Berlakunya penggunaan artibut ini?

Google sendiri memberikan informasi tentang atribut baru ini sejak 10 september 2019 silam. Akan tetapi, penggunaan secara efektif sebagai faktor ranking seach engine google berlaku 1 maret 2020 mendatang. 

Lihat juga

Pengaruh sosial singal terhadap seo

Cara memperbaiki halaman not found 404