Secara mengejutkan Google telah melakukan major update pada awal Agustus 2018. Padahal, sebulan sebelumnya Google juga sudah meluncurkan update terbaru untuk mobile search. Hal ini banyak membuat penurunan trafik yang sangat signifikan. Bahkan, beberapa blog ataupun website juga mengalami drop pada kata kunci yang cukup parah.

Melalui akun resmi Google di Twitter, menyatakan bahwa benar dalam minggu ini (tepatnya awal pertama di bulan Agustus) telah terjadi update pada sistem inti algoritma Google yang umumnya sering dilakukan dalam setahun.

Namun, dalam update kali ini terasa begitu berbeda dengan update-update algoritma sebelumnya, seperti Google Panda, Penguin, HummingBird, dll. Dalam update yang berpusat pada inti atau sistem algoritmanya ini, Google telah memperbaharui beberapa faktor dalam membuat penilaian terhadap suatu website/blog di mesin pencari.

  • Meningkatkan nilai keyword Heading 1 sebesar 2%
  • Meningkatkan nilai HTTPS sebesar 18%
  • Menurunkan nilai keyword pada Meta Title sebesar 9%
  • Merubah nilai D di perhitungan PageRank dari .85 ke .70
  • Mulai Mengganti TF-PDF tradisional dengan metode pengambilan data TF-iDUF untuk pengguna yang masuk

Bahkan, dalam hitungan hari saja dampaknya sudah hampir dirasakan oleh para pemilik blog dan owner website dalam berbagai niche. Hal ini jelas mengundang rasa penasaran dari kalangan praktisi SEO dan para blogger di seluruh dunia. Banyak sekali thread pembahasan mengenai update ini di Quora, SearchEngineLand, SearchEngineJournal, dan website besar lainnya yang mempertanyakan kenapa tiba-tiba trafik dan keyword mengalami penurunan.

Menariknya, hampir sebagian besar blog/website yang memiliki reputasi terkenal sekalipun juga terkena dampak dari Google core update ini. Update algoritma inti ini menargetkan tema atau pembahasan yang berhubungan dengan:

  • Halaman transaksi keuangan yang memuat informasi pribadi
  • Halaman informasi medis yang memberikan tips mengenai menjaga kesehatan
  • Halaman informasi hukum yang berhubungan dengan pembahasan mengenai topik dalam suatu negera/lokasi/daerah tertentu
  • Halaman yang menentukan pengambilan keputusan seperti, membeli rumah, mengasuh anak, membeli kendaraan, dll
  • Halaman yang memberikan nasihat mengenai masalah dalam hidup yang bisa berdampak pada kesehatan dan keuangan

Semua informasi ataupun topik di atas termasuk dalam kategori YMYL (Your Money Your Life) yang berarti menyangkut dengan kebahagiaan di masa mendatang, kesehatan, kestabilan keuangan dan juga keselamatan pengguna/pembaca.

pernyataan google resmi terkait google broad core update

Berdasarkan gambar yang diambil dari akun Twitter resmi Google, tim SEO Ampuh mencoba mengambil kesimpulan terjemahan sebagai berikut “selama update, kemungkinan situs bisa saja terkena dampak ringan hingga berat. Tidak ada yang salah dengan halaman kurang berkualitas. Hanya saja, perubahan yang terjadi akan lebih mengedepankan halaman yang sebelumnya tidak tampil/kurang mendapatkan respon yang baik“.

Lalu pada postingan yang kedua, “Tak perlu ada pebaikan pada halaman yg mungkin kurang berkualitas, tetap saja fokus untuk membuat konten yang baik, dan seiring berjalannya waktu konten Anda akan muncul kembali karena direferensikan oleh halaman lain”

Inti dari update ini adalah Google berharap bahwa para pemilik konten bisa benar-benar membuat konten yang human friendly, bukan terpaku pada robot. Yang artinya konten yang baik adalah yang relevan dengan apa yang dicari oleh seseorang melalui search engine.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Algoritma Inti Google?

Menurut salah satu member di forum Ads.id cara mengatasinya adalah dengan tidak melakukan hal apa-apa selama update berlangsung, yang berarti Anda diharuskan diam dan menunggu hingga proses update selesai.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena melalui akun Twitter resmi Danny Sullivan menginformasikan, bahwa update ini tetap akan berjalan hingga beberapa hari ke depan, tepatnya pertengah bulan Agustus hasil finalnya baru akan bisa diketahui.

Namun, setelah beberapa minggu berlalu proses update sepertinya masih terus berlangsung. Hal ini bisa dilihat dari masih belum stabilnya posisi SERP yang masih berubah-ubah.

Dari hal inilah, Alfon salah satu pakar SEO Indonesia bisa sedikit menyimpulkan bahwa cara yang paling tepat untuk mengatasi update algoritma inti ini adalah dengan berfokus pada:

  • User intent
  • Kualitas Konten
  • Struktur yang baik
  • Pedoman yg disediakan Google

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca quality raters yang telah disediakan oleh Google berikut ini  untuk melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap Google Broad Core Update Algorithm ini.

Sebagai tips tambahan:

– Lengkapi halaman about us dan contact us

– Isi data personal Anda pada bagian author

– Daftarkan bisnis dan url website Anda pada Google My Business & Google Maps

– Tampilan foto lokasi Anda, foto profile pada (intinya profile Anda harus jelas sebagai penulis konten)

– Konten yang dibuat memiiki keabsahan informasi resmi/legal/terpercaya/ilmiah yang bisa dibuktikan

Untuk saat ini, itulah yang bisa disimpulkan dan untuk niche kesehatan, haruslah ditulis oleh seorang yang memiliki pengalaman dan reputasi khusus dibidangnya (tidak boleh sembarang orang yang tidak memiliki keahlian ataupun sertifikat) karena menyangkut masalah kesehatan dan kehidupan. Artinya Google semakin mementingkan tingkat kenyamanan dan kesejahteraan para pembaca.

Cobalah untuk tetap mengoptimalkan SEO website ataupun blog Anda dengan cara-cara yang sudah diberitahu. Kenapa Google tidak bisa memberikan penjelasan pasti mengenai cara memperbaiki dampak setelah update? Menurut saya hal tersebut disebabkan karena setiap situs memiliki ciri khas dan perbedaan masing-masing, sehingga situs web yang satu pasti berbeda dengan yang lain.

Bila Anda masih memiliki pertanyaan ataupun ingin sharing seputar SEO, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.