Apa Itu Personal Branding

Brand atau merk adalah tanda yang digunakan oleh pengusaha pada barang barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal (cap) yang menjadi pengenal untuk menyatakan naman dan sebagainya (KBBI). Merk merupakan sesuatu yang tidak tidak terlihat akan tetapi dapat memberikan efek sangat nyata.

Personal branding adalah proses pembentukan brand yang kamu miliki. Personal branding merupakan proses mengelola imej serta persepsi public terhadap diri anda. Secara singkat personal branding adalah tentang pendapat orang terhadap diri anda ketika kamu tidak berada diruangan itu (Jeff Bezos, CEO Amazon).

Mengapa Personal Branding Penting

Ada banyak alasan mengapa membangung personal branding penting dan merupakan bagian dari strategi marketing. Akan tetapi disini saya akan menulis beberapa manfaat dari personal branding yang sudah dikenal khalak/konsumen anda.

  • Menumbuhkan kepercayaan diri (trust)

Personal branding merupakan penjelasan mengapa seseorang penting melakukan sesuatu, singkatnya adalah hal hal yang dapat memotivasi dan mendorong orang untuk berhasil. Memiliki personal branding yang baik juga dapat menciptakan niat yang jelas dan tulus, yang merupakan kuncuk menumbuhkan kepercayaan.

  • Membangun koneksi

Melalui personal branding, dapat membantu seseorang untuk membangun koneksi dalam bidang atau specialiasi yang mereka miliki. Membangun koneksi dapat dilakukan melalui online maupun secara tatap muka. Setelah seseorang memiliki reputasi yang baik, akan memudahkan mereka untuk mendapatkan eksposur yang lebih banyak.

  • ¬†Membangun kredibilitas

Personal branding juga dapat dimanfaatkan untuk membangun kredibilitas baik untuk citra diri maupun produk perusahaan anda. seseorang akan terlihat lebih oleh audiens yang mereka target. Lewat kredibilitas yang tinggi bukan tidak mungkin merek yang anda bangun akan keluar sebagai pemimpin dipasar.

  • Untuk membangun keyakinan

Kepercayaan diri seseorang akan bertambah ketika merek yang mereka kembangkan memperoleh keperacayaan dari masyarakat luas. Kepercayaan akan datang melalui kualitas dan kekuatan positif yang dapat mereka berikan ke public.

Bagaimana Membangun Personal Branding

  • Mulai dengan menceritakan kisah kamu

Seperti dijelaskan diatas personal branding adalah cara cara seseorang mengenal merek, banyak cara yang dapat dilakukan mengenalkan merek, akan tetapi langkah ini merupakan langkah pertama yang tidak boleh terlewatkan. Tanpa sebuah cerita tentu tidak ada brand. Untuk menuliskan tentang personal branding dalam kisah anda, ada dua pertanyaan yang harus anda mengerti.

  1. Siapa diri anda
  2. Apa yang ingin capat/targetkan, mengapa harus mencapainya

Selain itu anda perlu menuliskan Kisah Anda , bagaimana Anda bertahan dalam menghadapi ketidakpastian, kesulitan, atau risiko – dan idealnya, dengan begitu akan membantu audiens Anda mengidentifikasi diri Anda. Selanjutnya, perkuat cerita itu melalui saluran media sosial .

  • Bangun profil Diri Anda

Saat ini membangun profil profesional lebih banyak dilakukan melalui website, Menurut salah satu praktisi yang bekerja di Top Digital Agency Indonesia, mengatakan bahwaselain lebih simple juga jangkauan terhadap audiens yang anda target lebih luas. Pastikan saat membangun profil tersebut dapat memberikan kesan menarik, mudah di ingat dan tentunya nama yang dibuat belum digunakan orang lain.

Langkah selanjutnya manfaatkan jejaring sosial media untuk membangun komunikasi dengan audiens anda. Melalui social media ini juga dapat menciptakan profil anda lebih dikenal banyak orang.

Untuk membangun komunikasi sesuai dengan target pasar anda, hendaknya kamu harus memilih chanel yang social media yang tepat. Pemilihan salah satu chanel social media untuk memudahkan anda, akan sulit bagia anda bila membangun konten disetiap social media yang jumlah cukup banyak. Jadi tentukan satu atau dua chanel saja.

Cara yang efektif yg dapat dilakukan membangun profil yaitu melalui video dengan manfaatkan chanel youtobe. Bila anda lebih tertarik melalui menulis content, kamu harus membuat blog secara online.

Langkah beriktunya adalah temukan audiens anda? cari tau informasi seperti apa yang sering mereka baca, chanel sosial media apa yang paling banyak mereka gunakan? dengan mengerti semua itu, anda tentu dapat memahami komunitas anda. Selanjutnya buat konten sesuai dengan minat audiens anda.

Langkah berikutnya adalah membuat audiens anda tetap menikmati konten yang anda buat. Pastikan setiap kali membuat konten dapat menembukan informasi dan memberikan jawaban yang dicari audiens anda.

  • Buat Strategi content marketing

Hal penting yang harus anda ketahui adalah untuk membuat konten yang baik, anda harus memulainya dengan objectif, tentang apa yang ingin anda sampaikan kepada audiens anda. Lewat konten tersebut juga Anda harus dapat menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi audiens anda.

  • Bangun koneksi

Apapun jenis bisnis yang kamu jalankan, koneksi adalah hal yang terpenting, termasuk dalam membangun personal branding. Manfaatkan website dan jejeraing social media untuk membangun personal brand anda.

Akan dilanjutkan ke tulisan berikutnya…