Website merupakan salah satu kebutuhan utama yang harus dimiliki saat ini jika Anda memang ingin benar-benar serius dalam menjalani bisnis di tengah arus persaingan secara online. Berubahnya arah bisnis yang tadinya hanya menggunakan strategi-strategi marketing pada umumnya, mulai berbalik 360 derajat ke arah yang lebih modern, yakni dengan memanfaatkan media digital. Inilah yang dinamakan dengan konsep digital marketing, suatu promosi yang dilakukan secara online.

Nah, permasalahan yang kerap kali dihadapi saat beralih pada strategi pemasaran secara online adalah bagaimana melakukan optimalisasi dan integrasi teknologi dengan strategi marketing yang akan dijalankan.

Berbicara mengenai website, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membuatnya, termasuk pemilihan nama yang akan diberikan. Secara teknis, nama untuk website bisa disebut dengan domain.

Banyak yang tidak tahu bahwa pemilihan nama domain juga berperan besar untuk perkembangan bisnis yang akan dipasarkan melalui website. Bisa dikatakan bahwa domain menjadi sarana branding di dunia maya.

Untuk Anda yang belum berpengalaman ataupun masih bingung menentukan nama untuk domain website, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Lakukan Research Terlebih Dulu

Internet penuh dengan sejuta informasi yang bertebaran. Pola ini juga bisa menimbulkan efek pedang bermata dua ketika Anda ingin mencari domain. Pastikan bahwa nama domain yang ingin dipilih tidaklah memiliki trademark, copyright ataupun sudah digunakan sebelumnya oleh orang lain.

Ada beberapa tools  yang bisa digunakan untuk mencari tahu apakah domain yang Anda pilih bisa digunakan atau tidak.

2. Pilih Nama Domain yang Unik atau Sesuai Brand

Ketika ingin memilih domain, sebagian orang yang sudah terjun dalam dunia internet marketing akan lebih banyak memilih domain yang berhubungan dengan keyword ataupun langsung menargetkan kata kunci SEO. Tapi, hal itu kurang direkomendasikan.

Akan lebih bijak bila Anda memilih nama brand yang benar-benar unik ataupun sama persis dengan nama Brand. Kalau belum ada brand, Anda bisa membuatnya dari sekarang. Hal ini akan mempermudah Anda melakukan branding nantinya daripada harus memilih nama domain based-on keyword saja.

Keuntungan lainnya adalah nama domain yang unik akan lebih mudah diingat dan umumnya lebih pendek sehingga akan mudah ditemukan saat mencarinya di internet.

3. Gunakan Eksistensi TLD yang Berbayar

gunakan domain berbayar untuk mendapatkan kepercayaan

Memang ada beberapa alternatif penggunaan TLD (top level domain), eksistensi yang mengukti sebuah nama domain di belakangnya. Eksistensi domain yang gratisan biasanya sangat kurang populer dan terlihat kurang kredibel dibandingkan dengan .com, .co.id, .org, .id, dll.

Pastikan juga Anda mengetahui berbagai persyaratan yang diberikan mengenai tata cara pembayaran hingga perpanjangan nama domain pada tenggat waktu yang ditetapkan. Jika Anda sampai lupa, domain website Anda bisa hilang dihapus ataupun dibeli oleh orang lain.

Setelah itu, Anda baru bisa memilih hosting yang tempat untuk mendaftarkan serta menyimpan semua database website.

Memang terlihat cukup merepotkan, karena itu salah satu solusi sederhana adalah dengan menggunakan layanan Top Digital Agency Indonesia sehingga segala bentuk pengerjaan teknis sudah tertangani dengan baik. Agensi digital berpengalaman sudah tahu hal apa saja yang harus dilakukan saat pertama memiliki website dan melakukan registrasi domain baru untuk client.

Bukankah hal tersebut lebih mudah ketimbang Anda harus pusing memikirkan hal teknis yang belum Anda kuasai?