Apa itu Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optmization (SEO) adalah serangkaian metode atau cara yang digunakan untuk meningkatkan volume kunjungan sebuah situs/blog di Internet dengan menempatkan url situs pada urutan teratas halaman hasil pencarian/Search Engine Result Page (SERP).

Cara yang digunakan dalam SEO Bisa dikenal dengan istilah White Hat SEO dan Black Hat SEO, dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan cara disesuaikan dengan orang yang melakukan optimasi, dan hasilnya pun akan berbeda-beda untuk tiap studi kasusnya.

Di SEOAmpuh kami menggunakan kedua metode tersebut untuk mendapatkan hasil yang bervariasi tergantung tingkat kesulitan dari kampanye SEO yang sedang dilakukan.

Dalam artikel ini, kami hendak membocorkan rahasia bagaimana cara seo website atau blog anda agar bisa masuk kedalam urutan top 10 atau top 1 google, namun untuk mengikuti setiap langkah-langkah dibawah ini ada baiknya anda mempersiapkan beberapa peralatan yang akan membantu kita dalam melacak apakah metode yang dilakukan memberikan dampak yang jelas terhadap kenaikan kata kunci.

Daftar SEO Tools yang bisa anda gunakan secara gratis.

  • Email Google untuk mengakses semua tools dari google – termasuk didalamnya untuk membuat blog melalui situs blogger dan melakukan analisa kata kunci dengan google adwords.
  • Google Webmaster Tools/Search Console – untuk melacak perkembangan posisi kata kunci dan mengetahui jika ada sesuatu yang tidak beres seperti adanya spamming backlink dsb.
  • Google Analytics – untuk melacak siapa pengunjung situs kita
  • Whatsmyserp.com – untuk memeriksa posisi kata kunci kita di SERP tanpa harus memeriksa satu per satu.

Langkah-langkah mempersiapkan website dan blog agar bisa masuk top 1 google

Mulailah dengan melakukan riset kata kunci. Anda dapat menggunakan google adsense untuk mengerjakan tugas ini. Simak cara berikut ini untuk melakukan riset kata kunci menggunakan google adwords.

Pemilihan kata kunci yang tepat bisa menentukan cepat atau tidaknya website anda berada di urutan top 1 google. Carilah kata kunci yang belum pernah di targetkan oleh kompetitor anda, degnan volume pencarian diatas 100 visitor per bulan.

Kemudian mulai buat konten artikel dengan baik. Jika kebetulan keyword yang hendak anda gunakan adalah kata kunci yang memiliki pesaing, coba contek apa yang dibuat oleh kompetitor anda, buat isi artikel anda lebih baik dari pada isi yang disajikan oleh kompetitor tersebut. Cara seo website ini dikenal dengan istilah reverse engineering, dan mempermudah website agar masuk kedalam urutan top 1.

langkah selanjutnya adalah dengan mempromosikan tulisan anda menggunakan sosial media. Cara ini membantu untuk mendatangkan traffic kedalam website atau blog yang baru saja dibuat. Semakin banyak dan semakin betah pengunjung didalam website anda, maka semakin cepat menaikan posisi websit anda di urutan top 1 google.

Dan langkah terakhir untuk membuat situs anda cepat berada di urutan 1 google adalah dengan rajin melakukan update terhadap isi website dengan artikel yang saling berkaitan, untuk lebih memperdalam konteks artikel yang anda buat.