Halaman tidak ditemukan atau not found (404) adalah kode respon standar http menunjukkan halaman tersebut tidak ditemukan di hosting misalnya dipindahkan atau file sudah dihapus, sementara link tersebut masih dirayapi search engine atau ditemukan pengunjung. Error 404 merupakan hal yang sering terjadi entah itu wordpress, blogspot atau cms lainnya. Akan tetapi platfoorm wordpress lebih diuntungkan banyaknya plug in dengan mudah mengatasi error 404 tersebut.

Salah satu kerugian atas error 404 ini adalah ketika pengunjung menemukannya tentu merasa kecewa dan meninggal website anda. Di sisi lain juga dapat memperburuk SEO blog.

Bentuk Halaman 404

Ada beberapa jenis error 404, diantaranya adalah:

  • 404 Error
  • 404 Not Found
  • HTTP 404
  • HTTP 404 Not Found
  • Error 404 Not Found
  • 404 File or Directory Not Found
  • dll

Apakah Error Not  Found 404 Berdampak buruk pada rangking pada pencarian organik.

Menurut laman resmi google, tidak berdampak atau menurunkan peringkat web, akan tetapi, pada kenyataannya secara tidak langsung dapat merusak peringkat blog anda dimesin pencari.

Berikut dampak 404 terhadap website

  1. Halaman dengan kesalahan 404 tidak dapat meningkatkan PageRank. Contoh bila website anda terhubung ke salah satu website dengan trust tingggi, dan ketika halaman link juice dihapus maka akan memberikan halaman 404, maka halaman tidak tidak berdampak apa – apa terhadap website kamu.
  2. Kekuatan link juice yang dibangun tidak memberikan dampak apa-apa
  3. Dapat menurunkan lalu lintas website yang tidak diinginkan. Halaman 404 tidak dapat memberikan peringkat untuk konten yang dulu pernah dibangun.

Cara memperbaiki error 404 Not Found

  1. Refresh, Cara yang pertama coba refresh/reload halaman browser bisa dengan menekan F5. Munculnya halaman 404 mungkin karena beberapa masalah, tapi bukan suatu masalah besar sebenarnya. terkadang dengan mereload halaman broweser halaman yang dimaksudkan bisa muncul lagi.
  2.  Periksa kesalahan URL. Tidak jarang kesalahan halaman tidak ditemukan dikarenakan salahk ketik url pada tautan. Coba pindah ke halaman direktori yang lebih tinggi, misalnya www.domain.com/a/b/. Bila tidak menemukan apa apa dihalaman tersebut bisa pindah ke www.domain.com/a/. Dengan begitu halaman tersebut akan mengarahkan kamu ke halaman yang kamu cari atau paling tidak memastikan halaman tersebut memang benar benar sudah tidak ada.
  3.  Bersihkan data hsitory dan chace. Bila halaman 404 terjadi hanya dikonputer kamu saja, sementara di perangkat lain halaman dapat dibuka normal, coba menghapus data history dan chace browsur kamu.
  4. Ubah DNS komputer kamu. Opsi ini dilakukan bila semua halaman memberikan informasi halaman tidak ditemukan. Biasanya beda internet provider DNS nya juga beda.
  5.  Membuat halaman 404 khusus.

Catatan

  • Dengan costume halaman 404, tidak perlu menyebutnya sebagai halaman tidak ditemukan, yang membuat pengunjung anda langsung pergi, bisa dengan membuat pesan lain pada halaman 404 tersebut.
  • Simpan pesan 404 Anda dengan tata letak template yang sama untuk navigasi situs sebagai situs web anda
Membersihkan Halaman 404 melalui webmaster

Selain pengunjung, mesin peramba melalui webmaster tool khususnya google akan menampilkan halaman 404 bila di website tersebut terdapat halaman tidak ditemukan.

Selain pengunjung, mesin peramba melalui webmaster tool khususnya google akan menampilkan halaman 404 bila di website tersebut terdapat halaman tidak ditemukan.
Langkah

  • Buka halaman webmaster tool
  • Pilih Crawl error. Biasanya akan menampilakan 3 Tab seperti dibawah ini.

halaman error 404

Pada halaman tersebut terdapat 1 error 404 dan 5 halaman tidak ditemukan

  •  Berikutnya klik tautan untuk menampilkan halaman utuh yang error, salin halaman eror tersebut dan remove. Caranya pilih Google index – Remove URLs, pilih Temporarily hide, akan menampilkan kolom dan paste halaman eror tersebut klik continue, submit request.
  • Selanjutnya tandai halaman 404 sudah di perbaiki dengan mengklik Mark as fixed, seperti gambar dibawah ini.

halaman not found 404

sumber