Berbicara persoalan mengenai SEO seperti tidak akan pernah ada habis-habisnya, selalu ada seluk-beluk yang menarik untuk dibahas. Tren Search Engine Optimization yang cukup ramai diperbincangkan saat ini adalah apa benar penggunaan HTTPS akan memiliki pengaruh penting bagi SEO? Apakah manfaat HTTPS begitu besarnya?

Topik ini sudah mulai banyak sekali pembahasannya di berbagai komunitas forum digital marketing, media sosial, website-website luar negeri hingga para pakar SEO di Indonesia.

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih mendalam, ada baiknya bila Anda mengetahui dulu HTTPS.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan protol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi antar jaringan komputer client dan web server pada tingkatan yang lebih aman dibandingkan dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). HTTPS bisa memberikan jaminan bahwa situs yang Anda kunjungi dapat dipercaya dan tidak ada malware ataupun phising melalui Secure Socket Layer (SSL). Sederhananya, Hypertext Transfer Protocol Secure adalah kombinasi penambahan SSL pada protol HTTP. Jadi, HTTPS bukanlah protokol yang terpisah dari HTTP, tapi tetap menjadi 1 bagian.

Setelah mengetahui dasar HTTPS, kita bisa mulai kembali pada topik pembahasan di awal. Jika Anda juga seorang praktisi SEO dan sering memperhatikan kondisi persaingan di SERP, Anda akan tersadar bahwa hampir sebagian besar website-website yang ada sudah beralih menggunakan HTTPS.

Mengapa demikian? Berikut kami berikan analisanya untuk Anda.

1. HTTPS Menjadi Salah Satu Faktor Penentu SEO

http menjadi salah satu faktor penentu SEO

Google sendiri telah melakukan konfirmasi di sini, penggunaan Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan salah satu sinyal untuk bisa mendapatkan ranking di halaman 1 mesin pencari. Dengan adanya instruksi yang jelas, semua orang yang melakukan optimasi SEO sadar jika mereka beralih dari penggunaan HTTP menjadi HTTPS, bisa menjadi cara terbarukan dalam membantu optimasi suatu situs.

Baca juga: Apa itu Search Engine Optimization?

2.  Keamanan Lebih Terjamin dan Bisa Mendatangkan Trafik Lebih

https lebih aman dari http dan mendatangkan sumber trafik untuk SEO

Saat ini, banyak sekali situs-situs yang di dalamnya telah disusupi malware, phising ataupun trik lainnya yang bisa mencuri data-data penting dan digunakan untuk tindakan kejahatan & kepentingan diri sendiri. Saat HTTPS diaktifkan, website ataupun blog yang Anda kelola bisa lebih aman dan tidak rentan untuk disusupi. Cara ini juga bisa mendatangkan trafik lebih banyak karena mereka akan menilai bahwa situs Anda telah aman dengan adanya HTTPS yang digunakan.

Beberapa website khususnya perbankan, ecommerce, pendidikan, pemerintahan, serta website lainnya yang membutuhkan untuk memberikan informasi yang sensitif mengenai data diri diharuskan menggunakan HTTPS dari sekarang sehingga mencegah data Anda tidak dicuri dan tetap aman saat dikirimkan ke server tujuan.

Baca juga: Pro dan Kontra Tradisional vs Digital Marketing

3. Meningkatkan Kredibilitas Suatu Website/Blog

https menjadi sumber kepercayaan dan kredibilitas

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran HTTPS bisa memberikan nilai lebih pada kredibilitas blog ataupun website adalah hal yang nyata. Faktor keamanan yang terjamin akan membuat seseorang lebih tertarik untuk membukanya dan hal yang akan membuat kamu sedikit kaget adalah hampir semua website yang ada di seluruh dunia sudah menerapkan HTTPS. Jadi, masihkah Anda menganggap bahwa penggunaan HTTPS itu tidak penting?

Sebaiknya, segeralah gunakan versi HTTPS agar website atau blog yang Anda kelola menjadi lebih baik, tidak hanya pada berpaku sisi SEO-nya, tapi juga tingkat keamanan dan kredibilitas yang dimiliki nantinya.