Beriklan melalui media digital memang memberikan kemudahan untuk memperluas promosi untuk sebuah produk. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan iklan berbayar seperti google ads atau bing ads. Jika dilihat rasanya google ads masih jauh lebih terkenal dan banyak digunakan di banding bing ads. Tapi, Anda jangan salah sebenarnya bing ads juga memiliki manfaat yang tidak bisa di remehkan. Sebelum membahas lebih lanjut coba simak artikel berikut ini mengenai perbedaan google ads dengan bing ads.

Tentang Google Adwords

Google Adwords atau yang biasa di sebut dengan google ads adalah sebuah layanan iklan berbayar yang di sediakan oleh Google. Dalam google adwords memungkinkan para pengiklan untuk beriklan pada semua jaringan Google.

Besaran iklan dapat ditentukan sendiri dan pemilik situs hanya akan membayar ketika iklan tersebut di klik oleh pengguna layanan Google. Bentuk iklan adwords hanya terpusat pada kata kunci yang ditargetkan. Pemilik menggunakan Adwords untuk membuat iklan yang relevan dengan kata kunci yang sudah di tuliskan pada pengguna Google ketika memasukkan kata kunci tersebut dalam sebuah kolom mesin pencarian. Dari hasil penelusuran kata kunci, nantinya iklan tersebut akan muncul di urutan halaman pertama Google. Ketika iklan secara sengaja atau tidak sengaja ter-klik oleh pengguna Google, maka akan diarahkan dalam sebuah website.

Kelebihan Google Adwords

Volume Pencarian yang Tinggi

Banyak pemilik situs berpendapat jika Google Adwords paling memiliki potensi untuk dijadikan pilihan terbaik jika kampanye iklan hanya memfokuskan area geografis dalam skala kecil. Tapi, semua tergantung pada kata kunci dan kecocokan. Semakin tinggi volume pencarian, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan calon konsumen yang sesuai.

Banyak Fitur

Adwords memiliki banyak fitur yang di sukai oleh pemasang iklan. Iklan pada layanan pencarian sangat pendek. Tentu hal ini akan menyulitkan untuk meraih calon konsumen dengan hanya bermodalkan 35 karakter. Oleh karena itu, Adwords memberikan fitur d extension. Supaya ruang untuk menyampaikan pesan lebih besar, dan fitur menarik lainnya.

Mudah diatur

Adwords dirancang untuk memberikan kenyamanan untuk pemasang iklan. Google melakukan berbagai percobaan trial and error. Supaya mendapatkan formula terbaik untuk membantu pengguna dalam memasang iklan.

Manfaat Google Adwords

  1. Memasang iklan dengan Google Adwords dikatakan sebagai cara tercepat untuk meraih posisi teratas untuk kata kunci tertentu dan sebagai cara mudah untuk menarik perhatian konsumen.
  2. Penggabungan akun adwords dan analytic membuat pemilik situs mendapatkan laporan yang akurat dalam menentukan strategi berikutnya.
  3. Biaya yang dibayarkan kepada Google merupakan hasil klik murni, sehingga iklan bisa terus muncul di hasil pencarian sampai kapanpun selama perhitungan dihitung berdasarkan hasil klik. Pemasang iklan bisa menentukan sendiri besaran biaya yang dibayarkan setiap harinya.
  4. Pemasang iklan bisa menentukan sendiri lokasi yang jadi target utama dari iklannya

Bing Ads

Bing ads adalah layanan iklan berbayar, sama seperti Google Ads. Hanya saja bing Ads adalah layanan iklan berbayar milik bing dan yahoo. Bing ads ini di sebutkan sebagai saingan terbesar untuk Google ads.

Karena bing ads adalah hasil kolaborasi dari dua perusahaan raksasa yaitu Microsoft dan Yahoo. Jadi iklan tersebut akan muncul di semua layanan pencarian milik dua raksasa internet tersebut.

Kelebihan dari Bing Ads

Lebih Terjangkau

Tidak seperti Adwords yang memasang tarif iklan dengan harg ayang cukup mahal, bing ads justru memberikan tarif yang lebih murah dan terjangkau untuk pemasangan iklan. Sehingga tidak terlalu mempengaruhi harga untuk kata kunci tertentu.

Dua kekuatan

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa bing ads adalah hasil kolaborasi dari bing dan yahoo. Sehingga iklan yang ditayangkan tidak hanya sebatas pada bing saja, tetapi juga pada Yahoo. Meski tingkat pencariannya tidak setinggi Google Adwords, bing ads masih cukup efektif untuk memperoleh calon konsumen yang signifikan.

Customer service ramah

Bing Ads memiliki layanan customer service yang lebih berkualitas di bandingkan Adwords. Karena, ketika pemasang iklan ada mengalami gangguan, dengan sigap perwakilan dari Bing langsung menanggapi untuk menyelesaikan permasalahan. Layanan iklan berbayar sejenis bing ads ini cocok untuk mereka yang merasa rumit dengan iklan berbayar via pencarian.

Manfaat Bing Ads

  1. Menjangkau dan terhubung lebih luas dengan calon konsumen yang berkualitas
    Membantu untuk meningkatkan kualitas dari kampanye dan mendapatkan nilai tambah dollar periklanan
  2. Mudah terintegrasi dengan Google Adwords, sehingga Anda tidak perlu melakukan pemasangan dari awal lagi. Cukup mengimpor dengan menggunakan bing ads editorial tool.

Jika disimpulkan kedua layanan iklan berbayar ini memiliki kelebihan dan manfaat nya masing-masing. Semua tergantung kebutuhan tujuan dari pemasangan iklan Anda. jika Anda ingin iklan yang Anda pasang berada dalam urutan teratas google dengan cepat, Anda bisa menggunakan Google Adwords. Namun, jika Anda ingin biaya pemasangan iklan yang lebih terjangkau dan relatif murah, Bing Ads bisa menjadi pilihan untuk Anda.