Pemasaran Digital vs Pemasaran Tradisional yang Harus Anda Ketahui karena saat ini banyak usaha kecil berjuang dengan memutuskan jenis pemasaran yang harus dilakukan.

Karena anggaran mereka terbatas, sehingga tidak jarang hanya mengandalkan modal serta pengetahuan seadanya. Padahal, sekarang ini sudah beralih pada metode pemasaran tradisional ke metode pemasaran digital.

Perbincangan mengenai Pemasaran Digital Vs Pemasaran Tradisional memang tidak akan ada habisnya untuk kita bahas. Untuk memperjelas istilah, penggunaan iklan cetak di surat kabar dan majalah adalah contoh sederhana dari pemasaran tradisional adalah selebaran yang diletakkan di kotak surat, iklan baik di TV dan radio serta papan reklame.

Di sisi lain, ketika bisnis berinvestasi untuk membangun situs web, mengiklankan nama merek melalui media sosial yang berbeda seperti Facebook, Twitter, dan YouTube, strategi semacam ini disebut pemasaran digital.

Manfaat Pemasaran Tradisional

pemasaran secara tradisional dalam dunia bisnis

Anda dapat dengan mudah mencapai target audiens lokal Anda. Misalnya, iklan radio mungkin diputar di suatu kota atau wilayah tertentu, bahkan menggunakan selebaran brosur yang akan dikirim ke rumah-rumah sehingga mereka bisa mengetahui informasi tentang produk barang atau jasa yang Anda sedang tawarkan.

Tidak hanya itu, ada pemasaran yang sudah semi modern, yaitu dengan menggunakan beberapa medium yang bisa dijangkau ataau dilihat oleh orang banyak melalui strategi beriklan di TV, penggunaan billboard, videotron, hingga baliho.

Pada eranya, strategi ini memang berjalan dengan baik. Namun, apakah di era semua yang serba digital masih bisa berfungsi dengan baik? Anda perlu memikirkannya kembali.

Sekarang mari masuk ke pembahasan mengenai pemasaran secara digital.

Manfaat Pemasaran Digital

strategi digital marketing modern

Strategi marketing digital ataupun online marketing berupa layanan paid ads dari Google, Facebook, dan instagram.

Tidak sampai di situ, layanan optimasi kata kunci melalui teknik SEO, optimalisasi penggunaan email marketing/email blast, rutin berinteraksi di social media (upload postingan yang bermanfaat, melakukan hard-selling, melakukan interaksi dengan followers, memberikan hadiah doorprize melalui soal teka-teki, dll) merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang telah terintegrasi menjadi satu saat Anda menggunakan jasa Digital Marketing Jakarta untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di dalam dunia internet.

Dibutuhkan skill serta pengetahuan yang mumpuni untuk bisa melakukan hal itu semua, karena berbagai pengalaman digital marketing tidak bisa didapatkan melalui lembaga pendidikan resmi beberapa tahun ke belakang, namun melalui riset, seminar, trial & error serta pengalaman bertahun-tahun untuk menemukan formula yang tepat.

Lalu, Mana yang Lebih Baik? Pemasaran Digital? Ataukah Pemasaran Tradisional?

Jika dilihat dari tren pasar yang berkembang, tentu pemasaran secara digital akan lebih menguntungkan dan memberikan banyak kelebihan. Tapi, semua kembali lagi pada unit bisnis dan segmentasi pasar Anda. Apakah bisnis Anda memang mudah ditemukan dan bisa digunakan oleh semua orang atau tidak.

Namun, memanfaatkan strategi pemasaran secara digital bersamaan dengan teknik pemasaran tradisional juga tidaklah buruk. Itu artinya Anda bermain di setiap lini strategi untuk menguasai pasar. Perlu diingat, modal yang Anda sediakan juga haruslah besar.